Jumat, 31 Desember 2010

UAS SID

1. Sebutkan dan jelaskan enam alasan mengapa sistem informasi sangat penting bagi kegiatan dakwah?
  • Sebagai dasar motivasi, memilih materi, memilih metode, memilih media, sarana dan pesan Moral yang di sampaikan untuk lebih mengenal karakteristik Mad’u.
  • Kedudukan sistem Informasi dalam pelaksanaan dakwah menempati posisi yang signifikan dan strategis mengingat fungsi utamanya yang akan mengelola seluruh data/informasi perkembangan maupun hasil-hasil pelaksanaan kegiatan dakwah di lapangan.
  • Bisa menjadi sarana yang efektif untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan serta hasil kegiatan program dakwah secara menyeluruh.
  • Memberikan dukungan dan pelurusan informasi, Jika ada pihak-pihak yang melakukan penodaan terhadap eksistensi Islam dan dakwah di internet, tugas dai bersenjata internet adalah meluruskannya. Berikan dukungan terhadap penggalangan isu yang menyangkut kebaikan dan perbaikan ummat. Mengapa internet layak dijadikan senjata oleh seorang dai dalam menyebarkan visi dakwahnya karena Perkembangan dakwah dari berbagai segi memberi keharusan bagi para pelaku dakwah untuk dapat memandang segala bentuk wasilah atau cara yang memberikan keuntungan bagi penyebaran nilai-nilai dakwah.
  • Berfungsi untuk Tausiyah dan Motivasi beramal, Begitu pula di dalam sistem informasi, bisa disajikan secara khusus tausiyah, dan nasehat-nasehat kebaikan. Ini berarti saling memotivasi untuk beramal shalih.
  • Sebagai Pengarah Alternatif Islami, Yaitu memberikan alternatif Islami dalam banyak hal kehidupan masyarakat. Jadi tidak sekedar menyalahkan atau meluruskan, tetapi juga memberikan solusi Islami yang benar dan teruji.
  • Sebagai Pusat Informasi dan Inspirasi
2. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi? Kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh sistem informasi?

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.

Kegiatan-kegiatan sistem informasi :

- Tujuan

- Masukan

- Proses

- Keluaran

- Mekanisme pengendalian dan umpan balik

- Sistem dan Subsistem

- Pengambilan keputusan

- Penyusunan perencanaan

- Pengawasan

- Evaluasi

- Perumusan Kebijakan


3. Apakah dampak internet terhadap dakwah? Jelaskan!

Hadirnya akses internet merupakan media yang tidak bisa dihindari karena sudah menjadi peradaban baru dalam dunia informasi dan komunikasi tingkat global. Dengan adanya akses internet, maka sangat banyak informasi yang dapat dan layak diakses oleh masyarakat internasional, baik untuk kepentingan pribadi, pendidikan, bisnis dan lain-lain. Dimana munculnya jaringan internet dianggap sebagai sebuah revolusi dalam dunia komunikasi dan informasi.

Dibandingkan media dakwah yang lain, Internet memiliki tiga keunggulan :

Pertama, karena sifatnya yang never turn-off (tidak pernah dimatikan) dan unlimited access (dapat diakses tanpa batas). Internet memberi keleluasaan kepada penggunanya untuk mengakses dalam kondisi dan situasi apapun.

Kedua, Internet merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin berdiskusi tentang pengalaman spiritual yang mungkin tidak rasional dan bila dibawa pada forum yang biasa akan mengurangi keterbukaannya. Para scientis biasanya merasa terbatasi oleh koridor ilmiah untuk mengekspresikan suatu pikiran atau pengalaman. Internet menyediakan ruang yang mengakomodasi keinginan mereka untuk merasa bebas membicarakan sesuatu yang di luar kelaziman ilmiah.

Ketiga, sebagian orang yang memiliki keterbatasan dalam komunikasi sering kali mendapat kesulitan guna mengatasi dahaga spiritual mereka. Padahal mereka ingin sekali berdiskusi dan mendapat bimbingan dari para ulama. Sementara itu ada sebagian orang yang ingin bertanya atau siap berdebat dengan para ulama untuk mencari kebenaran namun kondisi sering tidak memungkinkan. Internet hadir sebagai kawan (atau lawan) diskusi sekaligus pembimbing setia. Para ulama seharusnya dapat menggunakan internet sebagai media efektif untuk mencapai tujuan dakwahnya.

Keempat, situs-situs Islam yang bermunculan di Indonesia, yang isinya tidak hanya sekedar situs-situs institusi Islam, tetapi berisi aneka informasi dan fasilitas yang memang dibutuhkan oleh umat Islam. Maka lengkaplah Internet menjadi salah satu media rujukan dan media dakwah Islam Indonesia. Masuknya Internet dalam aspek kehidupan umat Islam mulai menggeser pemikiran-pemikiran lama.


4. Apa yang dimaksud dengan dakwah virtual? Apa manfaat melakukan dakwah virtual?

Dakwah virtual adalah kegiatan sarana komunikasi dengan menyediakan fasilitas pertukaran informasi seperti webmail dan Kekuatan milis sebagai media dakwah melalui akses internet, karena Kebutuhan akan aktualisasi diri sebagai seorang muslim ternyata sama pentingnya dengan dakwah itu sendiri. Internet hanyalah sebuah media komunikasi, karena Justru seorang pendakwah dapat dengan mudah memiliki jutaan umat saat mereka menggunakan Internet.

Sebagai contoh Jika kita mengetikkan keyword "Islam" di YahooGroups.com, maka akan didapat 2254 milis yang membahas soal Islam dari berbagai bahasa dan negara. Bahkan kini tafsir Al-Qur'an dalam bahasa Indonesia versi Departemen Agama pun dapat disimak di milis Tafsir-Quran@yahoogroups.com

Setidaknya terdapat tiga motode dakwah melalui internet yaitu :

Pertama, dengan menggunakan fasilitas website seperti yang telah dilakukan oleh banyak organisasi Islam maupun tokoh-tokoh ulama. Berdakwah dengan menggunakan fasilitas ini dianggap lebih fleksibel dan luas jika dibandingkan dengan dua fasilitas berikutnya.

Kedua, menggunakan fasilitas mailing list dengan mengajak diskusi keagamaan atau mengirim pesan-pesan moral kepada seluruh anggotanya.

Ketiga, menggunakan fasilitas chatting yang memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung. Sebenarnya jika dibandingkan dengan dua fasilitas yang telah disebutkan di atas, fasilitas chatting lingkupnya lebih sempit sebab kegiatan dakwah melalui fasilitas ini hanya berlangsung pada saat pelaku dakwah sedang on line di internet saja.


5. Sebutkan dan jelaskan empat dampak komputer dan sistem informasi terhadap kualitas dakwah?

1. Akurat

Berarti sistem informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan bagi orang yang menerima informasi tersebut bisa juga berarti harus jelas mencerminkan maksudnya agar tidak terjadi noise-noise yang dapat merubah atau merusak isi dari informasi tersebut.

2. Tepat waktu

Informasi yang diterima harus tepat pada waktunya, sebab informasi yang lama dan usang tidak memiliki nilai yang baik, sehingga bila digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akan dapat berakibat fatal.

3. Relevan

Informasi harus mempunyai manfaat bagi si penerima. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

4. Ekonomis

Informasi yang dihasilkan mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan biaya mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang tetapi dapat ditaksir nilai keefektivitasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar