Jumat, 31 Desember 2010

UAS SID

11.  Apa keuntungan menggunakan sebuah sistem informasi dakwah!

Sudah bisa dipastikan memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi peradaban manusia, semisal dalam hal tranfer teknologi, internet sangat berperan besar dalam hal ini, karena dengan adanya internet, informasi yang harus disampaiakn dapat di terima dengan hitungan detik, artinya dengan adanya internet proses penyampaian informasi dapat di lakukan dengan sangat cepat
-  Media pertukaran data dengan cepat
Internet dapat digunakan untuk media pertukaran , baik itu menerima ataupun mengirim data semisal e-mail,newsgroup.
- Hiburan
Internetpun dapat menjadi sarana yang baik untuk digunakan sebagai hiburan, di internet banyak sekali fasilitas yang dapat diguankan untun sekedar menghibur diri, semisal mendengatkan musik , main game dsb.
- Melakukan Efisiensi Biaya
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa internet dapat digunakan untuk melakukan efisiensi biaya, bayangkan saja dengan internet kita bisa berkomunikasi dengan rekan, keluarga dsb dengan biaya yang murah, selain itu sekarang ini banyak sekali bisnisman yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan produknya melalui web-web yang mereka bangun dengan biaya yang murah.
- Internet sebagai media untuk Pendidikan
internet dewasa ini telah digunakan sebagai median dalam tranformasi ilmu, sekarang banyak sekali lembaga pendidikan yang memanfaatkan internet sebagai media membelajaran melalui e-learning dsb.
- Ternyata jaringan internet yang hampir menelan seluruh penjuru dunia adalah merupakan lahan luas yang disitu bertebaran podium-podium yang menyuarakan kepentingan Islam dengan memperkenalkan
- Mengajak (dakwah), membela dan memecahkan berbagai problema
- Para pakar dan ulama yang berada dibalik media dakwah via internet bisa lebih konsentrasi dalam menyikapi setiap wacana dan peristiwa yang menuntut status hukum syar’i
- Dakwah melalui internet telah menjadi salah satu pilihan masyarakat. Berbagai situs mereka bebas memilih materi dakwah yang mereka sukai, dengan demikian pemaksaaan kehendak bisa dihindari
- Cara penyampaian yang variatif telah membuat dakwah Islamiyah via internet bisa menjangkau segmen yang luas.

12. Cari sebuah model sistem informasi dakwah dan buat deskripsinya!

Penggunaan Multimedia yang atraktif dan mudah dipahami membuat aplikasi ini semakin banyak dipelajari semua kalangan, Bidang keagamaan termasuk didalamnya. Adalah masjid merupakan lembaga yang juga menggunakan alat komunikasi sebagai media penyampai dakwah. Sehari-harinya tempat ibadah umat Islam sudah menggunakan alat pengeras suara untuk mengumandangkan adzan. Kedepannya bukan tak mungkin pengurus masjid akan mem-broadcast panggilan shalat jumat melalui sms. Sms tersebut dapat berisi informasi kas masjid, nama Khatib dan Imam Shalat Jumat, serta resume materi Khutbah Jumat.

Sang Khatib juga hendaknya menyiapkan materi khutbah Jumat dalam bentuk Slide power point ataupun yang lebih canggih menggunakan Macromedia Director. Materi ayat-ayat Al-Quran dapat ditampilkan langsung kepada jamaah, sehingga jamaahpun dapat mempelajari kandungan Al-Quran dengan lebih dalam. Bila perlu disertai ilustrasi gambar maupun video yang mendukung isi khutbah untuk menghilangkan kebiasaan ngantuk saat mendengarkan khutbah jumat. Jamaah akan merasa senang ketika mendapatkan gambaran visual tentang apa yang sedang dibicarakan. Misalnya gambar mulut gua hira’ tempat Rasulullah Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu Al-Qur’an. Juga peta yang menggambarkan perjalanan Rasul saat hijrah, dsb. Media dakwah berbasis multimedia ini juga bisa dikolaborasikan dengan internet, sehingga jamaah dapat mendownload materi khutbah.

Meskipun bertujuan baik, namun mungkin ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi multimedia untuk berdakwah. Diantaranya adalah biaya operasionalnya yang masih tinggi, kemudian kemungkinan juga terdapat resistensi dari ulama yang tidak membolehkan masjid menjadi seperti gedung bioskop dimana orang datang hanya untuk menonton saja. Adanya hukum yang mengatur penggambaran wujud makhluk hidup juga harus menjadi pertimbangan dalam implementasi sistem. Jika Multimedia dipakai untuk menyampaikan kebaikan, maka hasilnya juga memberi berkah bagi manusia dan alam semesta. Wallahu’alam
 
13. Apa saja karakteristik DSS? Apa perbedaan DSS dan ESS?

DSS (Decission Support System)Sistem Pendukung Keputusan

Secara Umum, DSS adalah Sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur.

Secara Khusus, DSS adalah Sebuah sistem yang mendukung kerja seorang manajer maupun sekelompok manajer dalam memecahkan masalah semi-terstruktur dengan cara memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputusan tertentu.

Karakteristik DSS:

1.      DSS dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur ataupun tidak terstruktur.

2.      Dalam proses pengolahannya, DSS mengkombinasikan penggunaan model-model/teknik-teknik analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi.

3.      DSS dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi.

4.      DSS dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

ESS (Executive Support System) Sistem Pendukung Eksekutif

Sistem ini merupakan sistem informasi yang menyediakan fasilitas yang fleksibel bagi manajer dan eksekutif dalam mengakses informasi eksternal dan internal yang berguna untuk mengidentifikasi masalah atau mengenali peluang.

Perbedaan ESS dengan DSS:

DSS pada awalnya dirancang untuk mengenalisa masalah dan situasi baru, tetapi dalam prakteknya perangkat-perangkat yang disediakan terlalu menuntut keahlian khusus, hanya analis yang bisa memanfaatkannya. Sementara itu hanya sedikit manajer yang mempunyai kemampuan analisis. Oleh karena itu, DSS jarang dipakai secara langsung oleh eksekutif pada tingkat menengah ke atas.


Referensi :
- Fakhri Muhammad Husein, Amin Wibowo, Februari 2000, Sistem Informasi Manajemen,  Unit Penerbit dan Percetakan AMPYKPN, Yogyakarta
- Susanto Azhar, Sistem Informasi manajemen Konsep dan Pengembangannya,  2000, Lingga Jaya Bandung
-Davis Gordon B, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bag II, 1988, PT.Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta

Created By :

Annisa Hurul Aini

KPI A / VII / 207400285

Tidak ada komentar:

Posting Komentar